K3 Sambut Delegasi Sulut di Kongres Masyarakat Adat 2022

Kerukunan Keluarga Kawanua (K3)Kota jayapura menyambut kedatangan Peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara asal Sulawesi Utara.

Pengurus K3 bersama sebagian Kontingen KMAN 2022 asal Sulut.(ist)

PAPUALINK, JAYAPURA-Warga Masyarakat Kawanua yang ada di Jayapura dan Provinsi Papua, Jumat 19/10 Kemarin menyambut kedatangan Delegasi dari Sulut dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-6 (KMAN VI) di Pelabuhan Penumpang Jayapura.

Peserta KMAN disambut langsung oleh Pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Jayapura dan Pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Provinsi serta beberapa organisasi dan LSM lainnya yang ada di Kota Jayapura.

Kontingen KMAN asal Sulawesi Utara disambut dengan Pengalungan Noken yang diserahkan kepada beberapa perwakilan Rombongan antara lain Kharisma Kurama selaku Ketua BPH AMAN Sulut.

Ketua K3 Kota Jayapura Pdt Christian Warouw memberikan apresiasi positif terhadap kehadiran wakil tanah Kawanua dalam kongres yang dilaksanakan di tanah tabi tersebut.

“Kami sebagai Tou kawanua yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya mendukung dan menyambut kehadirian dari saudara saudara dan Tokoh tokoh adat di Sulawesi utara,”ujarnya

Dukungan yang sama juga dikatakan Jorry Lumingkewas selaku Ketua K3 Provinsi yang berharap Wakil perwakilan asal Sulut mampu memberikan sumbangsih dan saran dalam kongres terkait kelestarian adat serta budaya di Sulawesi Utara.

Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) sendiri digelar di tepi Danau Sentani, Kabupaten Jayapura pada 24 – 30 Oktober 2022. Diperkirakan pesertanya ribuan.

Kongres ini rencananya dihadiri sekitar 10 ribu masyarakat adat di Indonesia dan ratusan perwakilan masyarakat adat dari luar negeri. Yang istimewa adalah kongres ini bersamaan waktunya dengan pelaksanaan Festival Danau Sentani.

Kawasan Danau Sentani memiliki situs-situs arkeologi yang berkaitan dengan leluhur etnis Sentani. Situs-situs arkeologi ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata budaya bagi peserta kongres.(jws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *