Tim PAX MENTIS Unsrat Lolos Program PKM-PM

tim PKM Unsrat saat berada di lokasi tempat pengambdian (ist)

PAPUALINK-Tim PAX MENTIS Universitas Sam Ratulangi berhasil lolos dalam seleksi program Program Kreativitas Mahasiswa dengan skema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM).

Lolosnya Tim ini, karena keprihatinan mereka terhadap kesehatan mental dan manajemen stres para lansia di Panti Werdha Damai Ranomuut, yang berlokasi di Paal Dua.

Berbagai kegiatan dan program dirancang secara khusus untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh para lansia di panti tersebut. Saat ini, tim PAX-MENTIS tengah mempersiapkan diri dengan matang untuk memaparkan hasil pengabdian mereka kepada tim penilai.

Mereka bersiap untuk bersaing dengan ratusan universitas terbaik dari seluruh Indonesia pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan diselenggarakan di Universitas Airlangga pada bulan Oktober mendatang.

Sebagai bagian dari upaya pengabdian kepada masyarakat, khususnya kepada para lansia, tim PAX-MENTIS telah merancang dan mengembangkan lima jenis terapi audio yang berbeda.

Terapi-terapi ini meliputi: Audio Spiritual, yang bertujuan untuk memberikan ketenangan batin melalui pendekatan religius; Prescription Audio Chill, yang dirancang untuk membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan melalui musik dan suara yang menenangkan; Audio Visual Kinestetik, yang menggabungkan elemen audio dan visual untuk merangsang aktivitas fisik dan mental; Frekuensi Hz, yang menggunakan gelombang frekuensi tertentu untuk membantu dalam penyembuhan dan relaksasi; serta Guided Imagery, yang memandu pendengar melalui visualisasi terarah untuk mencapai keadaan relaksasi yang lebih dalam.

Dengan diimplementasikannya berbagai jenis terapi audio ini, diharapkan tim PAX-MENTIS dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas hidup para lansia di Panti Werdha Damai Ranomuut.

Melalui program ini, mereka berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi para lansia, membantu mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan mental mereka.

Tim PAX-MENTIS Sendiri Diprakarsai oleh Cliford Kindangen mahasiswa

Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, dan sebagai pelaksana kegiatan PKM-PM Dibimbing oleh Ir. Tineke Marlyn Langi M.Si sebagai ketua dosen pembimbing yang anggotanya antara lain Solideo Dajoh, Amazingrace Suwuhang dan Kezia Makalow.

Mereka berharap kegiatan ini akan menjadi bukti bahwa intervensi sederhana namun tepat guna dapat membawa perubahan signifikan dalam kehidupan para lansia, serta menginspirasi institusi lain untuk mengadopsi pendekatan serupa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *